-->

sejarah Desa linggajati


KATA PENGANTAR
Segala puji hanya kepada Allah Swt. Seru sekalian alam.
Sebagai ungkapan rasa hamdu kepada dzat Illahi Robbi dari penulis atas tersusunnya Riwayat Singkat Desa Linggajati ini yang walaupun kami susun secara singkat, namun mudah-mudahan dapat memenuhi beberapa kebutuhan yang antara lain:
  1. Sebagai bukti fisik langkah kerja Penilik Kebudayaan dalam mewujudkan garapan penggalaian, pembinaan dan pelestarian Sejarah dan Nilai-nilai Tradisional ( Jerahnitra).
  2. Terinventarisirnya data peninggalan sejarah yang sangat erat kaitannya dengan perjuangan dan Pembangunan Nasional.
  3. Dengan gambaran sejarah atau riwayat setiap daerah, dapat memberi motivasi terhadap Generasi Muda sebagai generasi penerus untuk memetik nilai-nilai luhur para pendahulu untuk diteladani, dan dijadikan tolak ukur di dalam perjuangan mengisi kemerdekaan Negara Republik Indonesia yang kita cintai ini.
Walau dengan susah payah kami menyususn dan mencari data Riwayat Desa Linggajati ini, namun akhirnya dengan berbagai upaya dan langkah pendekatan kepada berbagai pihak. Akhirnya Alhamdulillah kami bersyukur kepada khadirat Allah Robbi, kami berhasil yang kalau boleh buku ini kami beri nama : Buku Riwayat Singkat Desa Linggajati.
Pada kesempatan ini pula izinkanlah kami menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepda pihak yang terkait antara lain :

  1. Kepada KAKANDEP DIKBUDCA Cilimus, Kabupaten kuningan.
  2. Kepada para sesepuh Desa Linggajati yang telah memberi petunjuk kepada kami termasuk keluarga besar Almarhum Bpk. E Subandi (MAntan Pemilik Kenudayaan Kandep Dikbudcam Cilimus).
  3. Kepada para tokoh masyarakat lainnya yang telah menyatakan dorongan moril dan materil.
Mudah-mudahan atas jasanya yang bermanfaat ini mendapat imbalan yang berlipat ganda dari Allah Swt, Amien. Sudah merupakan hal yang pasti di dalam penulisan Riwayat Singkat Desa Linggajati ini akan mendapat berbagai kekurangan dan kekeliruan yang barangkali merupakan kewajiban kita bersama untuk memperbaiki dan melengkapinya.
Oleh sebab itu kami sangat bergembira dan mengucapkan terima kasih atas saran, pendapatnya sehingga dapat mengarah kepada upaya Penyempurnaan Riwayat ini. Akhirnya semoga Allah Swt, selalu melindungi kita semua. Amien.

Cilimus, 1 April 1995
Penilik Kebudayaan Kandep Dibudcam Cilimus
  1. Maksum Tris)
NIP. 180026514







DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR
  1. Pendahuluan
  1. Wawasan
  2. Kondisi Wilayah
  1. Riwayat Singkat Desa Linggajati
  1. Riwayat Nama Desa Linggajati
  2. Sasakala beberapa nama
  3. Benda peninggalan sejarah
  4. Nama Kuwu/ Kepala Desa Yang memerintah Di Desa Linggajati
  1. Sebelum ada pemerintahan Desa
  2. Sesudah ada pemerintahan Desa
  1. Penutup
Lampiran : Foto benda peninggalan sejarah
































    1. Pendahuluan
  1. Wawasan
Kalau kita perhatiakn secara seksama dengan menoleh sejenak melihat beberapa bukti nyata dilingkungan tempat kita tinggal, maka akan terungkap beberapa bukti peninggalan sejarah yang kalau kita perkirakan, ini semua pernah terjadi pada kira-kira Abad ke 15 Masehi bahwa para tokoh/ pejuang penyebar agama islam sangat meperhatikan daerah subur, berpotensi tinggi strategis sebagai modal perjuangannya. Daerah yang terutama sebagai sumber air pada waktu itu hamper seluruhnya dikuasai oleh kesultanan cirebon seperti : Lokasi Talaga Remis, Balong Linggajati, Cibulan, Cigugur, SangkanUrip, Darmaloka, dsb.
Jelaslah bagi kita semua dianggap tempat starategi sebagai modal para wali didalam upaya penyebaran dan mengembangkan agama islam, karena tempat seperti tersebut diatas selain air sebagai alat bersuci juga pasti disekitarnya merupaka areal yang subur pertanian dan ditempat-tempat itu pulalah para wali menugaskan utusannya untuk mempertahankan daerahnya.

  1. Kondisi Wilayah
Desa Linggajati adalah 1 dari 24 desa yang berada di kecamata Cilimus, Kabupaten DT II Kuningan. Desa Linggajati letaknya 3 Km jarak tempuh dari ibukota kecamatan/ kewadanaan Cilimus dan mempunyai ketinggian kira-kira 500 m dari permukaan laut jawa. Sebagai mana terungkap pada penjelasan diatas, bahwa Desa Linggajati sebagai daerah yang berpotensi tinggi terutama sebagai daerah sumber air yang tentu saja semikian jelas merupakan daerah subur dan agraris. Disamping keadaan tanahnya yang agraris yang juga memilki kondisi daerah artistic, sehingga tepat oleh para investor dibangun sebagai daerah obyek wisata yang indah juga sebagai tempat yang bersejarah pada saat jaman penjajah Belanda, sangat terkenal baik secara nasional maupun didunia Internasional. Tepatnya desa Linggajati terletak dibatasi :
  • sebelah Timur berbatsan dengan Desa Bojong yang dilalui jalan raya cirebon – tasikmalaya-bandung
  • sebelah utara berbatsan dengan Desa Setianegara, yang sama-sama didaerah pegunungan kaki Gunung Ciremai.
  • Dari sebelah barat dibatasi oleh Gunung Ciremai, Gunung tertinggi di Jawa Barat
  • Dan dari sebelah selatan Desa Linggajati berbatasan dengan Desa Linggasana yang kemungkinan besar meiliki sejarah yang sejajar dengan sejarah atau Riwayat Desa Linggajati

    1. Riwayat Singkat Desa Linggajati
  1. Riwayat nama Desa Linggasana
Sebagaimana dimaklumi bersama bahwa selain terkenal secara nasional, Desa Linggajati juga terkenal didunia internasional sebagai Desa tempat perundingan pemerintah Belanda dengan Pemerintah Indonesia untuk berdaulat dan Negara Indonesia yang Demokratis, melalui persetujuan Linggajati yang berlangsung dari tanggal 10 november 1946 sampai dengan tanggal 15 november 1946. secara apesipik Desa Linggajti mempunyai Riwayat Khusus yang dimulai kira-kira abad ke 15 masehi. Yaitu pada saat para wali berjuang menyeberkan agama islam dan melawan warga Negara Indonesia yang pada saat itu beragama budha. Alkisah para wali pada saat itu akan menyelenggarakan musyawarah dalam rangka mengatur pengembangan Agama Islam (Agama Sejati) dan hal ini sepakat akan dilaksanakan disebelah timur kaki g Ciremai yang pada saat itu masih diberinama Gunung Gede. Beberapa nama Desa yang berada di lembar Gunung Gede pada saat itu antara laim :
- sebelah selatan :
    1. Desa Rangda Midang
    2. Desa Parigi
    3. Desa Copong koneng
    4. Desa Cibunar

  • Sebelah Utara :
    1. Desa Tarikolot
    2. Desa Sembawa
    3. Desa Japara
    4. Desa Depok Lemo

Rencana akan diselenggarakannya musyawarah wali Songo, nampaknya didengar oleh para kuwu/ kepala desa yang berada disekitar Gunung Gede dan tentu saja mengajukan mereka, sedangkan mereka yang menganut agama budha tidak menerima hadirnya agama islam, disamping tidak menerima hadirnya ajaran islam, sebenarnya mereka merasa takut oleh kesaktian para wali, dan serempak mereka melarikan diri meninggalankan Desa masing-masing untuk bersembunyi. Mendengar berita larinya para kuwu disekitar Gunung Gede, para wali sangat murka dan dikutuklah para kuwu oleh para wali, sehingga mereka berubah wujud antara lain ada yang menjadi batu, binatang da mati merkayangan.
Hal tersebut diatas tidak menghalangi rencana diselenggarakannya musyawarah para wali dan para Wali pun semua menuju G. Gede dengan kesaktiannya masing-masing, mereka berangkat yang menurut cerita ada yang angina, naik mega dll.
Gusti Sinuhun Sunan Gunungjati berangkat sendiri karena di tinggalkan oleh 8 wali lainnya, namun walaupun demikian akhirnya beliau dating lebih dulu dari para Wali lainnya.
Gusti Sinuhun Sunan Gunungjati tanpa diketahui 8 wali lainnya datang di tempat yang dituju, namun sebelum lanjut ke G.Gede, beliau beristirah di suatu daerah yang sekarang bernama Linggajati, tepatnya beliau beristirahat diatas batu yang sampai sekarang batu tersebut masih ada di sebelah selatan komplek Balai Desa Linggajati. Setelah itu Sinuhun Sunan Gunungjati “Linggar” (Berangkat) menuju puncak Gunung Gede.
Sesampainya di pertengahan G. gede, sinuhun Sunan Gunungjati duduk (lingga = linggih) diatas sebuah batu yang sekarang diberi nama Batu Lingga.
Pada saat 8 wali lainnya tiba ke tempat itu, Gusti Sinuhun mengucapakan kalimat : “ Assalamu’alaekum Ya Walilullah”. Mendngar ucapan Gusti Sinuhun Gunungjati, 8 wali kaget dan merasa malu, karena berangkat mendahului namun datang didahului. Namun akhirnya mereka menghadap dan langsung bersama-sama bersemedi mengarah ke barat, memohon kepada Allah agar “kawah” Gunung Gede permukaannya sama dengan tempat yang mereka duduki. Nampaknya doa para wali sangat terkabul dan setelah itu dilanjutkan dengan acara musyawarah, bertempat di puncak Gunung Gede.
Mereka bermusyawarah untuk sepakat menyebarkan ajaran agama islam yang merupakan ilmu sejati ke semua penjuru terutama di bumi Indonesia.
Di dalam musyawarah mereka membentuk susunan pengurus dengan susunan sebagai berikut:
    1. Sunan Bonang : Ketua
    2. Sunan Gunungjati : Hakim/Imam
    3. Sunan Kalijaga : Penghubung
    4. Sunan Kudus : Patih
    5. Syeh Maolana Magribi : Jaksa
    6. Syeh Bentong : Anggota
    7. Syeh Majagung : Anggota
    8. Sunan Giri : Anggota
    9. Syeh Lemah Abang : Anggota

Menurut cerita mereka membuat kesepakatan dalam musyawarahnya untuk seirama, sependapat dan satu langkah di dalam menyebarkan ajaran Agama Islam dan Ilmu Sejati. Namun seorang di antara mereka ada yang tidak sependapat seolah-olah menentang kepeutusan bersama, yaitu ; Syeh Lemah Abang.
Setelah mereka membuat keputusan, selanjutnya mereka turun gunung menuju desa linggajati dan setelah beristirahat mereka melanjutkan perjalanannya menuju Cirebon, yaitu ke Sunyaragi dan setelah itu mereka ke Argasunya.

  1. Sasakala beberapa nama
  1. Gunung Cereme
Gunung gede tempat bermusyawarahnya para wali, kemungkinan nama tersebut hanya karena kita maklumi bahwa Gunung terbesar dan tertinggi di jawa barat hingga di beri nama Gunung Gede selanjutnya G. Gede diberi nama Gunung Cereme berasal dari kata “pecereman” yang artinya “ Perundingan/musyawarah para wali. Oleh orang belanda gunung cereme di sebut gunung ciremai.
  1. Linggajati
Kata Linggajati adalah sebuah nama yang lahir karena perjalanan Sunan Gunungjati beserta 8 wali lainnya yang kalau kita perhatikan sampai sekarang nama tersebut masih dalam penelitian para ahli sejarah dan arkeolog.
Nama Linggajati kadang-kadang istilah tersebut juga tidak dihiraukan, seperti oleh orang sekitar disebut Linggajati namun didalam naskah perundingan antara Pemerintah Indonesia dengan Belanda tercantum Perundingan Linggarjati.
Beberapa pendapat dan arti tentang desa linggajati. Antara lain :
    1. Pendapat Sunan Kalijaga :
Disebut LINGGAJATI dengan alas an sebagai tempat linggih (lingga) Gusti Sunan Gunungjati.
    1. Pendapat Sunan Bonang :
Diberi nama LINGGARJATI mempunyai alas an bahwa sebelum Sunan Gunungjati sampai ke puncak G. gede, beliau Linggar (Berangkat) meninggalakan tempat setelah beristirahat dan bermusyawarah tanpa mengendarai kendaraan menggunakan ilmu sejati.
    1. Pendapat Syeh Maolani Magribi :
Desa itu diberi nama LINGARJATI, mempunyai arti tempat “ Penyiaran Ilmu Sejati”.
    1. Pendapat Sunan Kudus :
Disebut LINGAJATI berarti “ nalingakeun Ilmu sejati “ karena justru di tempat inilah mereka bermusyawarah dan menjaga rahasia Ilmu Sejati jangan sampai diketahui orang banyak.
  1. Benda Peninggalan Sejarah
Dengan sangat sulit mendapat informasi yang jelas penulis mencoba mendata beberapa benda kuno sebagai peninggalan sejarah/ riwayat desa linggajati. Namun walaupun demikian sebagai bahan untuk dilengkapi identitasnya kami dapati benda peninggalan antara lain :
  1. Balairung
Sebuah bangunan kuno yang dibentuk oleh empat tiang kayu jati berukiran sederhana dan di dalam bangunan tersebut terdapat :
    1. Dogdog dengan ukuran panjang kira-kira 2 m dan lingkaran garis tengah 0,.5 m nampaknya digunakan sebagai alat untuk memanggil warga untuk berkumpul pada waktu itu.
    2. Keris dan tombak.
    3. Peti kayu yang sudutnya dilapisi logam berukir.
  1. Batu
Ada dua tempat batu bersejarah yang kemungkinan dipakai tempat duduk para wali pada saat beristirahat dan bermusyawarah, yaitu :
  1. Batu yang berada dilokasi sebelah selatan bangunan Gedung Balai Desa sekarang.
  2. Batu Lingga yang berada di pertengahan jalan menuju puncak G. Ciremai
  1. Lisung dan Jubleg
Selain bebda-benda tersebut di atas kami dapati lisung terbuat dari kayu nangka dan jubleg batu yang diperkirakan dibuat dan digunakan pada zaman pemerintahan para kuwu desa linggajati waktu itu
  1. Balong Linggajati
Adanya Balong Linggajati yang sekarang dibangun sebagai tempat obyek wisata kemungkinan besar erat kaitannya dengan Riwayat Desa Linggajati. Hal ini menjadi beban kita bersama untuk mencari informasi untuk mencari riwayat ini agar tampak legenda ini lebih jelas dan bermakna.
  1. Nama kuwu/ Kepala Desa yang memerintah di Desa Linggajati.
    1. Sebelum ada Pemerintahan Desa :
  1. Sunan Bonang.
  2. Sunan Ampel Denta (putra Sunan Bonang)
  3. Pangeran Panji Kusumadiningrat (Tajirbuntu)
  4. Pangeran Suryadilaga
  5. Pangeran Lingga Kusuma Yuda
    1. Setelah ada pemerintahan Desa :
  1. Pangeran Lurah Gede (Kusumajati)
  2. Ardiwidjaya
  3. Tirtawidjaya
  4. Pangeran Demang Mangku Yuda
  5. Kuda Semangka
  6. Pangeran Muka Giri
  7. Niti Arga
  8. Sura Perguk
  9. Niti Maindra
  10. Jurang Terbis
  11. Jurang Sumengka
  12. Raksa Sumiru
  13. Kerta Sumiru
  14. Jurang Karoban
  15. Jurang Plawira
  16. Surangga Tegi
  17. Sindu Priatna
  18. Palanggamerta
  19. Linggapraja
  20. Demang Ege
  21. Raksa Perwata
  22. Giri Pergalba (Erning Praja)
  23. Kertadiwangsa
  24. Kertadidjaya
  25. Sura Dimerta
  26. Wiradinata
  27. Arsawidjaya
  28. Suradidjaya
  29. Suraatmaja
  30. Argasasmita
  31. Plawirasastra
  32. Sastraperwata
  33. Dulpakar
  34. Eno Usnadi
  35. Nono sudono
  36. Lili Somali
  37. Unang Unarsan
    1. Penutup
Demikianlah Riwayat atau Sejarah Singkat Desa Linggajati yang dapat kami ungkapkan secara sederhana, namun mudah-mudahan sebagaimana kami utarakan pada Kata Pengantar, bahwa catatan ini sedikitnya bermanfaat bagi kita sekalian hingga kita tidak telalu timbul keraguan terutama bagi generasi penerus. Secara terus terang bahwa Riwayat ini masih perlu disempurnakan dan dilengkapi oleh data atau dokumentasi yang jelas.
Untuk sedikitnya memperjelas Riwayat ini kami ingin melampirkan photo/ gambar benda-benda sebagai pelengkap data.
Akhirnya kami dari jajaran Kantor Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan Cilimus berharap dapat memaklumi dan memaafkan segala kehilapan kami.
Kami berprinsif “ Tak Ada Rotan Kayu Pun Jadi”, mudah-mudahan catatan ini dapat menjadi pedoman dan tuntunan bersama untuk memberi andil selanjutnya sebagai bukti pertisipasi aktif di dalam mengisi era kemerdekaan.
Hanya Allah Swt. Yang Maha Tahu akan segalanya dan hanya kepadaNyalah kita memohon perlindungan.
Semoga Allah Swt. Memberkati kita, Amien

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel