-->

masalah komunikasi dalam keluarga

Salah satu masalah yang kerap muncul dalam kehidupan sehari-hari adalah masalah komunikasi dalam keluarga. Komunikasi yang kurang lancar akan menimbulkan salah paham dan ketegangan antar anggota keluarga yang membuat segala sesuatunya berjalan dengan kurang mengenakkan. Masalah ini seyogyanya bisa dicegah sedari dini oleh orang tua. 
Menanamkan teladan terhadap anak-anak adalah hal yang paling manjur untuk mencegah permasalah seperti ini muncuk di kemudian hari. Mulailah sejak anak-anak masih kecil. Jadilah pendengar yang baik saat anak ada berbicara. Ajaklah mereka untuk mengemukakan pendapat mereka tentang apapun juga. Bila ada masalah, ajak mereka untuk mendiskusikannya dengan baik. Bila hal ini dilakukan, maka anak anda akan tumbuh menjadi anak yang berani mengungkapkan perasaannya dengan cara yang santun yang dapat menghindarkan adanya ketegangan dalam komunikasi.
Hal serupa juga sebaiknya dilakukan dengan pasangan. Bila ada masalah diskusikan dengan baik-baik dan hindari sebisa mungkin berbicara dengan suara keras apalagi bila hal tersebut dilakukan di depan anak-anak. Sampaikan apa yang menjadi permasalahan ataupun hal-hal yng mengganjal agar bisa segera diselesaikan. Ingatlah bahwa pasangan anda bukan seoranglah peramal yang bisa mengetahui apa yang anda inginkan atau rasakan jadi lebih baik bicarakan dengan terbuka agar anda dan pasangan bisa saling memahami dan mengerti. Dengan ini permasalahan komunikasi akan mudah diatasi dan tidak berujung pada hal-hal yang kurang baik

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "masalah komunikasi dalam keluarga"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel