-->

Tanaman pengusir nyamuk

Tanaman pengusir nyamuk atau tanaman hias untuk mengusir nyamuk yang ada disekitar kita yang bisa juga dijadikan sebagai anti nyamuk alamiah artinya tidak mengandung zat berbahaya yang dapat membahayakan kesehatan. Tanaman pengusir nyamuk bisa juga difungsikan sebagai tanaman hias yang bisa berfungsi mengusir nyamuk di area taman atau di dalam ruangan.

Ketika musim kemarau tiba, rumah semakin banyak di serbu oleh kawanan nyamuk selain mengganggu saat tidur, nyamuk juga menyebarkan berbagai penyakit seperti demam berdarah, malaria, dan chikungunya.

Mengusir nyamuk dengan bahan kimia bisa saja dilakukan, namun riskan dengan efek samping yang bisa ditimbulkan dari bahan kimia tersebut, apalagi bagi yang memiliki anak kecil di rumah. Oleh karena itu, untuk mengusir nyamuk kita bisa menggunakan cara alami seperti menggunakan beberapa tanaman yang terbukti ampuh untuk mengusir nyamuk. Tanaman yang dapat mengusir nyamuk ini selain aman untuk kesehatan, bisa juga digunakan untuk mempercantik rumah dan taman.

1. Lavender



Lavender adalah tanaman cantik yang berasal dari pegunungan alpen Swiss. Tanaman yang memiliki bunga warna ungu ini memang sudah lama dikenal sebagai bahan baku pembuatan lotion anti nyamuk. Nyamuk tidak suka dengan tanaman ini karena lavender mengandung zat linalool dan lynalyl acetat. Cara menggunakan tanaman ini sebagai anti nyamuk alami yaitu dengan menggosokkan bunga lavender langsung ke tubuh atau bisa juga di taruh saja sebagai tanaman hias.

Kandungan minyak atsiri yang ada pada bunga lavender ini sering dijadikan untuk aroma terapi. Tanaman ini bisa ditanam di pot tanaman, dan bisa diletakkan di kamar atau taman rumah untuk mengusir nyamuk yang datang serta sebagai hiasan kamar.


2. Zodia


zodia
Zodia adalah tanaman asli Papua dan tergolong dalam family Rutaceae. Tanaman pengusir nyamuk ini mengandung zat evodiamine dan rutaecarpine, sehingga nyamuk tidak mau mendekat. Masyarakat papua biasanya akan menggosokkan tubuhnya dengan tanaman Zodia ini untuk menghindari serangan serangga, dan tanaman ini bisa bertahan hanya selama 6 jam saja.

Cara menggunakan zodia sebagai anti-nyamuk adalah dengan meletakkan tanaman ini pada daerah masuknya angin kedalam ruangan, atau bisa juga diletakkan di kipas dekat kipas angina atau AC, sehingga bau zodia menyebar ke seluruh ruangan. Namun jangan meletakkan tanaman ini pada ruang yang sempit dan sirkulasi terbatas, karena aroma zodiac ini bisa membuat pusing.


3. Geranium (Pelargonium Hortorum) / Tapak Dara



Tapak Dara
Di Indonesia tanaman ini lebih dikenal dengan nama Tapak Dara. Karena mengandung zat geraniol dan sitroneol tanaman ini ampuh digunakan untuk mengusir nyamuk. Tanaman ini juga sudah banyak digunakan untuk lotion pengusir nyamuk.

Cara mengusir nyamuk dengan tanaman ini adalah sama dengan zodia, yaitu meletakkannya pada daerah masukknya angin, sehingga daun daun Geranium ini saling bergesekan, dan mengeluarkan bau yang tidak disukai nyamuk.

Penelitian terhadap tanaman Geranium ini menyebutkan bila ekstrak Geranium Radula dapat mengusir nyamuk Aedes Aegypti (nyamuk Demam Berdarah) hanya dengan mengoleskan ekstrak tanaman ini dan nyamuk penyebab demam berdarah ini akan langsung kabur. Salah satu keistimewaan dari tanaman Geranium apabila ektrak geranium digunakan sebagai lotion anti nyamuk tidak menyebabkan iritasi pada kulit.


4. Rosemary



Bunga Rosemary menghasilkan bau seperti aroma minyak kayu putih atau minyak telon. Aroma dari Bunga Rosemary tidak disukai oleh nyamuk karena mengacaukan penciumannya. Tanaman ini dapat ditanam ke dalam pot atau tanah area taman atau ditaruh dekat jendela rumah. Apabila untuk digunakan sebagai lotion anti nyamuk tinggal ambil daunnya yang berbentuk seperti jarum dan langsung digosokkan ke kulit, agar jadi obat pengusir anti nyamuk alami.


5. Serai



Serai memang dikenal sebagai bumbu masak. Namun serai ini ternyata juga bisa digunakan untuk mengusir nyamuk yang tokcer. Zat geraniol dan sitroneal yang membuat tanaman ini bisa digunakan untuk mengusir nyamuk. Sekarang ini, tanaman yang merupakan jenis rumput-rumputan ini mulai banyak digunakan untuk lotion anti-nyamuk. Menanam serai cukup mudah, tinggal tempatkan di pekarangan rumah saja dan jadi pengusir anti nyamuk alami.



6. Citroso Mosquito



Citroso Mosquito merupakan tanaman dari negeri Kincir Angin. Tanaman ini memiliki aroma lemon yang kuat sehingga serangga dan nyamuk tidak menyukai tanaman ini. Tanaman ini menyukai sinar matahari langsung, dan tidak membutuhkan perawatan yang khusus untuk menanamnya.




7. Marygold (Bunga Tai Kodok)



Tanaman Bunga Marygold atau yang lebih dikenal dengan nama Bunga Tai Kodok ini banyak sekali ditemukan di Indonesia dengan bunga beraneka warna seperti kuning, merah, dan jingga. Tanaman Bunga Marygold memiliki dua jenis, yakni tagetes erecta dan tagetes patula. Bunga marygold memiliki bau yang tidak enak dan mampu membuat nyamuk untuk tidak mendekat. Meski baunya yang tidak wangi, namun bunga ini sangat indah, sehingga bisa juga digunakan untuk menghiasi salah satu sudut ruang dalam rumah atau pekarangan rumah.


8. Akar Wangi



Akar wangi bisa menghasilkan bau yang menyengat dan tidak disukai nyamuk, dan mampu membunuh nyamuk Aedes Aegypti. Ekstrak dari akar wangi sudah diuji kemampuannya dalam mengendalikan nyamuk Aedes Aegyti serta nyamuk Anopheles Aconitus. Tanam akar wangi ini, di pekarangan rumah dan rasakan manfaatnya, terutama sebagai tanaman pengusir nyamuk.




9. Tanaman Kecombrang



Kecombrang, kantan, atau honje (Etlingera eliator; sinonim Nicolaia elatior, Phaeomeria speciosa) adalah sejenis tumbuhan rempah dan merupakan tumbuhan tahunan berbentuk terna yang bunga, buah, serta bijinya dimanfaatkan sebagai bahan sayuran. Bunga ini juga dapat mengusir nyamuk. Nama lainnya adalah kincung (Medan) serta siantan (Malaya). Orang Thai menyebutnya kaalaa, harga tanaman ini cuma 1500/satuannya.


10. Tanaman Mintrosa of Lady Diana



Aroma mint unik dari tanaman ini sangat menyegarkan dan dapat mengusir nyamuk. Hampir sama dengan tumbuhan citrosa, tumbuhan ini juga mengeluarkan aroma atau bau yang sangat kuat sehingga dibenci oleh nyamuk.Tumbuhan ini berasal dari Belanda. Sama seperti citrosa, sulit untuk menemukan bunga import ini.


11. Tanaman Selasih



Selasih mengandung eugenol, linalool dan geraniol yang dikenal sebagai zat penolak serangga, sehingga zat-zat tersebut juga berfungsi sebagai pengusir nyamuk. Bau daun selasih tercium sangat tajam, bahkan jika tercium agak lama atau disimpan dalam ruangan dapat mengakibatkan rasa mual dan pening. Komponen-komponen utama selasih yang bersifat volatil (menguap) menyebabkan nyamuk enggan mendekati tanaman ini.





12. Tanaman Daun Sirih



Kita bisa mencoba membuat ramuan alami pengusir nyamuk yang berbahan daun sirih (piper betle). Cara membuatnya: (1) tumbuk 10 lembar daun sirih sampai halus dan campurkan dalam 1 gelas air (200 ml) (2) setelah diaduk rata, balurkan ramuan daun sirih ini ke kaki,tangan atau bagian lain tubuh yang diinginkan secara merata.





13. Tanaman Suren



Berdasarkan penelitian, suren memiliki kandungan bahan surenon, surenin dan surenolakton yang berperan sebagai penghambat pertumbuhan, insektisida dan antifeedant (menghambat daya makan) terhadap larva serangga uji ulat sutera. Bahan-bahan tersebut juga terbukti merupakan repellant (pengusir atau penolak) serangga, termasuk nyamuk.


14. Kemenyan



Kenapa dapat mengusir nyamuk? Karena Kemenyan ternyata mengandung insektisida alami dan telah digunakan di Mesir kuno untuk fumigasi silo gandum dan mengusir ngengat gandum. Di Saudi, asap pembakaran kemenyan resin digunakan untuk mengusir nyamuk dan lalat pasir.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel